PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI: PERSPEKTIF REVIEWER

Yogyakarta - Sabtu, 29 Oktober 2022 Unit Publikasi Sekolah Pascasarjana UNY mengadakan acara “Webinar Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi: Perspektif Reviewer”. Tujuan diselenggarakannya acara ialah memberikan wawasan tentang penulisan draf artikel (manuskrip), berbagai bentuk review dari editor jurnal bereputasi, strategi  merevisi draf, dan memberikan ketrampilan tentang strategi memperbaiki draft sesuai review dari  perspektif editor jurnal. Acara dilaksanakan secara daring dan diikuti 90 peserta melalui platform Zoom Meeting. Narasumber dalam webinar kali ini ialah pertama Ibu Prof. Erna Andriyanti, S.S., M.Hum., Ph.D. dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Narasumber kedua Bapak M. Faruq Ubaidillah, M.Pd. dari Universitas Islam Malang.

Prof. Erna Andriyanti, S.S., M.Hum., Ph.D. merupakan salah satu tenaga pendidik di Universitas Negeri Yogyakarta. Pengalaman beliau dalam menulis dan mereview artikel sudah tidak diragukan lagi karena banyak karya beliau yang berhasil terbit di jurnal internasional terindeks Scopus seperti di Universitas Kebangsaan Malaysia, Hacettepe University di Turki, University Sains di Malaysia, Universitas Syiah Kuala, Universitas Pendidikan Indonesia, dan masih banyak lagi. Selain penulis beliau juga aktif sebagai Reviewer dan Editor jurnal. Beliau pernah menjadi editor prosiding internasional yang diterbitkan oleh  Routledge dan juga Atlantis Press dan sebagai Reviewer di jurnal terindeks Scopus yang diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

M. Faruq Ubaidillah, M.Pd merupakan salah satu mahasiswa S3 di Department of Language Education Science, Faculty of  Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau juga Tenured Lecturer, Department of English Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Islam Malang dan Adjunct Lecturer (Qualitative Research Method), Department of English Education, Universitas Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Karya terbaru beliau ialah Exploring EFL teachers’challenges in teaching speaking in an Indonesian Vocational High School: An interview study, yang berhasil terbit di MEXTESOL Journal, Scopus Q2 dan Engaging EFL learners into a cultural literacy instructional practice. Taylor and Francis, Pedagogy, Culture & Society, yang berhasil terbit di WoS SSCI, Scopus Q1. Masih banyak lagi artikel-artikel beliau yang terbit di ranah nasional dan internasional terindeks Scopus.

Pada pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan sambutan dari bapak Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yaitu Dr. Slamet Suyanto, M.Ed., yang sekaligus membuka kegiatan acara webinar Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi: Perspektif Reviewer. Pada sambutannya Bapak Slamet mengatakan “Kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa dan kalangan akademisi, saya harap peserta mampu memanfaatkan kesempatan yang ada saat ini untuk menambah ilmu dan bertanya kepada narasumber yang ahli di bidang penulisan artikel dan sebagai review baik jurnal nasional dan jurnal bereputasi.”

Selanjutnya pemaparan materi sesi pertama oleh narasumber pertama yaitu ibu Prof. Erna Andriyanti, S.S., M.Hum., Ph.D. dengan materi Preparing manuscripts for reputable journals. Dalam hal ini Prof. Erna memberikan motivasi dan masukan terkait persiapan dalam menyiapkan naskah untuk jurnal bereputasi. Prof. Erna juga menyampaikan kepada peserta setiap tahapan-tahapan penulisan artikel yang akan dilalui. Setiap tahapan diberikan contoh penilaian yang dilakukan oleh reviwer artikel, hal ini berguna sebagai informasi kepada peserta ketika akan mempersiapkan tulisan artikel yang ingin dipublikasi. Prof. Erna menyampaikan dengan penuh semangat dan mencerahkan tentang landasan ilmiah, uraian judul yang bagus, struktur artikel, abstrak dan introducing yang lengkap dan menarik, serta uraian tentang berbagai review. Akhir dari pemaparan materi yang disampaikan Prof. Erna memberikan satu kata motivasi untuk peserta “Terus menulis dan membaca, rejection bukan akhir bagi karya yang anda tulis”.

Sesi kedua pemaparan materi disampaikan oleh bapak M. Faruq Ubaidillah yaitu berkaitan dengan metode, temuan, hasil, implikasi dan kesimpulan penulisan artikel. Pemaparan materi dimulai dari pendahuluan dalam penulisan artikel sampai dengan penulisan kesimpulan dalam artikel.  Pak Faruq menyampaikan materi yang dihubungkan dengan pengalaman-pengalaman sebagai penulis dan reviewer jurnal. Pengalaman yang empirik yang disampaikan dapat dijadikan sebagai gambaran dan penyemangat dalam menulis dan memperbaiki artikel. Pemaparan materi ditutup dengan penekanan kata oleh Pak Faruq terkait dengan penulisan artikel “Sebelum menulis sebaiknya mengetahui the big players in your research area”.

Sesi tanya jawab menjadi rangkaian dari webinar. Tanya jawab berlangsung interaktif dengan diskusi yang antusias dari para peserta. Materi tentang struktur, literature review, dan trik-trik dalam penulisan menarik perhatian para peserta. Termasuk permintaan penjelasan tentang persyaratan publikasi untuk syarat kelulusan mahasiswa S2 dan S3. Bidang Publikasi Sekolah Pascasarjana UNY juga menginformasikan terkait web puma.pps.uny.ac.id sebagai sarana informasi terkait berbagai hal publikasi untuk persyaratan mahasiswa yang diantaranya meliputi prosedur pengajuan publikasi, prosedur pengajuan bantuan dana publikasi, informasi sistem pengajuan publikasi dan lain sebagainya. Jadi mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi tentang publikasi Sekolah Pascasarjana UNY sebagai syarat kelulusan melalui web tersebut.

Harapan unit Publikasi Sekolah Pascasarjana UNY dalam menyelenggarakan acara ini tidak lain ialah membantu mahasiswa segera mempunyai publikasi karya ilmiah yang sesuai dengan persyaratan kelulusan mahasiswa S2 dan S3 Sekolah Pascasarjana UNY, dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel ilmiah yang mahasiswa miliki. (sw/xn)